Pages - Menu

Jumat, 06 Februari 2015

Tips membuat babi guling

Tips membuat babi guling agar empuk

Babi Guling Bali

Ada sebuah cara untuk membuat atau mengguling babi guling supaya gurih. Dengan cara traditional dan dengan menggunakan bumbu traditional Bali yang benar maka hasil babi guling akan menjadi sempurna sesuai dengan yang diharapkan. Warung babi guling terkenal di Bali karena mereka tau cara membuat babi guling yang benar. Berikut adalah tips bagaimana cara membuat babi guling agar gurih dan empuk.

 

Persiapan membuat babi guling


Persiapan adalah merupakan sebuah hal yang penting yang harus dilakukan seperti berikut.

- Siapkan Babi yang akan di guling dengan mengetahui berat. Berat babi yang ideal adalah sekitar 20 sampai 40 kg.

- Tiang untuk gulingan dengan panjang kira kira 2,5m dan sesuaikan dengan berat babi yang akan diguling. Tiang guling terbuat dari kayu yang tahan panas seperti kayu belalu atau kayu lain yang mempunyai sifat tahan panas. (tiang untuk gulingan bisa digunakan berulang ulang)

- Kayu bakar secukupnya. Jangan menggunakan bahan yang sifatnya cepat terbakar seperti kulit kelapa, daun kelapa kering dan lain lain, karena hal tersebut akan dapat dengan cepat membuat babi guling hangus di luar dan mentah di dalam.

- tempat untuk menggulaing , misalnya di tempat yang teduh, jauh dari bahan bahan yang mudah meledak, dan aman untuk membesarkan api.

- Kunyit, garam dan minyak kelapa yang sudah di campur secukupnya, ini akan digunakan untuk menjadikan warna kulit guling bersih, gurih dan membuat renyah. Itulah bahan yang perlu dipersiapkan dalam membuat babi guling,

Kemudian di bawah akan dilanjutkan dengan bagaimana proses pematangan babi guling:

 

Proses membuat babi guling


- Setelah babi guling di potong dan di bersihkan bagian dalam perut, masukan tiang guling yang sudah dipersiapkan tadi, sesuaikan antara panjang atas dan bawah untuk memudahkan dalam penggulingan.

-Jarit perut babi setelah tiang guling dimasukan. Hal ini untuk menghindari keretakan ketika babi guling sudah matang. Sementara api sudah bisa dihidupkan.

- Setelah selesai menjarit, api yang sudah disiapkan tadi diratakan sehingga panas api merata. Penting dalam mengatur api lebih banyak di bagian pantat guling dan di bagian kepala guling. Di bagian perut hendaknya di kosongkan, karena daging di daerah kepala dan pantat dagingnya lebih banyak sehingga proses pematangan lebih lama. Masukan Guling ke dalam api yang sudah ada tiang penyangga untuk tiang guling, dan gulingkan babi secara terus menerus. ( kira kira sampai 3 jam)

- Setelah satu jam pertama angkat babi guling dan oleskan kunyit yang sudah di hancurkan dan dicampur dengan garam dan garam keseluruh bagian babi guling dengan merata.

- Lanjutkan menggulingkan babi guling dengan terus menerus tanpa henti kekanan dan kekiri selama lagi 2 jam atau sampai babi guling terlihat agak mengkisut dan empuk.

Ketika sudah 3 jaman, angkat babi guling siap untuk di santap. Biasanya jasa babi guling di Bali menambahkan bumbu di dalam perut babi sebelum di guling. Seperti yang dilakukan oleh warung babi guling terkenal di bali, bumbu langsung bisa disajikan bersama babi guling.

7 komentar:

  1. bos gimana caranya biar kulitnya renyah?? trima kasih. bisa di balas ke email adisuparta@yahoo.com suksma

    BalasHapus
  2. Berapa harga babi guling yg udh masak kalau beratnya sktar 20 kg

    BalasHapus
  3. Berapa harga babi guling yg udh masak kalau beratnya sktar 20 kg

    BalasHapus
  4. Metaken ngih engkenang nike pang renyah kulit ne tahan 1hari
    Suksma

    BalasHapus
  5. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.

    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih provasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda gudang tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL

    Spesifikasi Tenda Roder
    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk atap nya, Dan bahan dindingnya ada 550, 410, 880 dan 850.
    Bisa disesaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan anda.
    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
    2. Memiliki Ukuran yang besar
    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaotu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
    3. Menggunakan rangka allumunium yang tahan terhadap karat.
    4. Cocok digunakan untuk segala jenis acara

    Spesifikasi rangka tenda Roder
    1. Bentangan 10
    memiliki tebal 65 x 100 x 4 mm
    2. bentangan 15
    memiliki tebal 85 x 120 x 4 mm
    3. Bentangan 20
    memiliki tebal 100 x 200 x 4 mm
    *tingginya 3 m untuk bentangan 10 dan 15. Serta 4 m untuk bentangan 20. (bisa custom)

    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci, Tangerang.
    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00
    Anda juga dapat menghubungi kami di :
    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    https://tendagudangbogor.blogspot.com/
    Twitter : @TangerangRoder
    Instagram : @tendapameranjakarta
    Instagram : @tendagudangjakarta
    SHOPEE : @https:tendarodertangerang
    TOKOPEDIA :@partisipameran23

    BalasHapus
  6. Tenda Dome / Tenda camping Moderen

    Tenda Dome sendiri memiliki bentuk setengah lingkaran atau biasa di sebut dengan tenda camping, Tenda Dome ini sekarang sangatlah di gemari oleh pengusaha di bidang Resort atau Perhotelan untuk di jadikan Kamar Hotel atau Kamar penginapan, berikut beberapa fungsi Tenda Dome:

    -Tenda camping mewah
    -Tenda hotel
    -Tenda Resort
    -Tenda ruang makan restoran outdor
    -Tenda camping moderen dll

    Tenda ini memiliki desain yang sangat moderen dan mewah, menggunakan bahan atap transparan menjadikan susana menginap menjadi lebih istimewa.


    *Tenda Kerucut / Tenda Sarnafil
    Tenda ini biasanya digunakan untuk:

    -Event outdor / pameran
    -Tenda promosi
    -Tenda jualan
    -Tenda pameran
    -Tenda event / frestival
    -Posko pengamanan covid
    -Posko Polisi sementara
    -Posko darurat Rumah Sakit
    -Ruangan darurat rumah Sakit dan masih banyak kegunaan lainnya.

    Tenda kerucut dapat menutup sempurna untuk menghindari panas matahari langsung ataupun air hujan, untuk ukuran tenda yang biasa di gunakan beberapa macam yaitu 3x3m, 5x5m, dan 10x10m.

    *Tenda Membrane
    Tenda Membran sendiri memiliki kesan yang Elegan dan kokoh, makannya tenda ini sangat cocok sekali untuk di gunakan sebagai:
    -Atap Cafe
    -Atap Restoran
    -Atap Loby Hotel
    -Atap Lapangan Sepak bola
    -Atap Hall
    -Atap JPO
    -Atap stadion
    -Atap aula dan masih banyak lagi fungsi lainnya




    untuk Jasa penyewaan sendiri kami dapat melayani untuk daerah JABODETABEK dan sekitarnya


    untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di:

    No.wa : 081977000899 / 081112300319 / 081112520816

    Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village, Tangerang Banten


    TENDA RODER, TENDA TRANSPARAN, TENDA KERUCUT, TENDA SARNAFIL, TENDA VAKSINASI, TENDA MEMBRAN, TENDA CAFE, TENDA HOTEL, TENDA LAPANGAN BOLA, TENDA DARURAT RUMAH SAKIT, POSKO PENGUNGSIAN, BILIK DESINFEKTAN, PISKO PENGANAMANAN COVID, RUANGAN DARURAT RUMAH SAKIT, TENDA DOME / TENDA CAMPING.


    #TENDAVAKSINASI #TENDAEVENT #TENDAWEDDING #TENDABAZAR #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #POSKOPENGAMANAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL#POSKOPENGUNGSIAN #BILIKDESINFEKTAN #TENDAPAMERAN #TENDAEXPO #FRESTIFALMUSIK #KONSERMUSIK #KONSER #JAKARTA #BANDUNG #KARAWANG #JAWATIMUR #JAWABARAT #JAWA TENGAH #SURABAYA #KALIMANTAN #PISKOPENGANAMANANCOVID #RUANGANDARURATRUMAH SAKIT
    #TENDAVAKSINASI #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #POSKOPENGAMANAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL #TENDASERBAGUNA #TENDADRIVETHRU #TENDAVAKSIN #TENDAPEMAKAMAN #TENDA MEMBRAN #TENDA CAFE #OODFRESRIFAL #KONSERMUSIK #FRESTIFALSENI #EVENTORGENAIZER #ACARAMUSIK #KONSERSENI #BOOTHPAMERAN #STANDPAMERAN #EVENTPAMERAN #TENDAPAMERAN #TENDAEVENT #TENDAKONSER #TENDABESAR #SEWATENDA #SEWATENDAKERUCUT #SEWATENDASARNAFIL #SEWATENDARODER #SEWATENDATRANSPARAN #SEWATENDAWEDDING #SEWATENDAUPACARA #SEWATENDAFOODFRESTIVAL #TENDAMURAH #TENDATERLENGJAP #VENDORTERPERCAYA #VENDORTERMURAH #TENDAMURAH #TENDAPAMERAN #TENDAEXPO #TENDARUMAHSAKIT #TENDASERBAGUNA #TENDASEMIPERMANEN #TENDAEVENT #TENDAPAMERAN #TENDAKECIL #TENDASIRCUIT #TENDAARENABALAP #SEWATENDASIRCUIT #SEWATENDAAREABALAP #SEWATENDAUNTUKMOTORGP #SEWATENDAEVENT #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #TENDAKERUCUT #TENDA SARNAFIL #TENDATERLARIS #TENDATERMURAH #TENDAMURAH #TENDALARIS #TEND3X3M #TENDASARNAFIL3X3M #TENDAKERUCUT3X3M #TENDASARNAFIL5X5M #TENDASARNAFIL4X4M #TENDASARNAFILMURAH #PRODUSENTENDA #PRODUSENTENDASARNAFIL #JUALRANGKATENDA


    https://www.tendaroderindonesia.com/

    https://shopee.co.id/pasaronlinetangerang

    https://shopee.co.id/dewi.melansari

    https://www.tokopedia.com/meylans

    https://www.facebook.com/profile.php?id=100055894358161

    https://www.instagram.com/juragantendaofficial/

    https://wordpress.com/home/juragantendaofficial.wordpress.com

    https://twitter.com/IndonesiaRoder

    BalasHapus